Mensinergikan Fungsi Satpol PP dengan Visi Misi, Bupati Madina Harus Evaluasi Satpol PP

Langkah dan terobosan Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution untuk terus berusaha melakukan peningkatan PAD, kemungkinan akan menjadi isapan jempol belaka

topmetro.news – Langkah dan terobosan Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution untuk terus berusaha melakukan peningkatan PAD, kemungkinan akan menjadi isapan jempol belaka. Hal itu bisa terjadi, apabila tidak ada kinerja yang baik dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kabupaten Madina.

Apabila kinerja Satpol PP tidak maksimal sebagai perpanjangan tangan Pemkab Madina dalam penegakan peraturan daerah dan perbub, maka pimpinannya harus bertanggung jawab. Maka, sudah selayaknya Bupati Madina harus mengevakuasi kinerja Kasatpol PP selaku pimpinan yang bertanggungjawab di instansi itu.

Pengamat anggaran, Elfanda Nanda, menyampaikan hal di atas melalui topmetro.news, Rabu (20/7/2022).

“Satpol PP memiliki tugas penting dalam membantu menjalankan program bupati. Salah satu fungsi penting itu adalah melakukan peningkatan PAD. Bukan hanya melakukan razia-razia penyakit masyarakat (pekat) saja,” pungkasnya.

Dan lanjutnya, seluruh Satuan Pol PP itu juga harus paham tugas dan fungsi mereka. Bukan hanya razia pekat saja. Tapi tugas dalam meningkatkan PAD itu juga merupakan tugas dari Pol PP.

Dalam menjalankan fungsi ini, Pol PP harus selalu berkoordinasi dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lainnya. Sebagai contoh, dengan ikut serta dalam melakukan sosialisasi peraturan daerah (perda) berkaitan dengan pajak, yang berkaitan langsung dengan daerah maupun tidak langsung.

“Satpol PP bisa berkoordinasi dengan melakukan sosialisasi perda. Khususnya yang berkaitan dengan pajak daerah. Bukan menunggu. Tapi melakukan koordinasi,” tegasnya.

Dalam melakukan fungsi ini, Sat Pol PP seharusnya bisa memberikan jaminan keamanan dalam berinvestasi kepada pengusaha kecil, menengah. Karena itu menurut Elfanda, Satpol PP harus berteman dengan para pengusaha, bukan bermusuhan.

Melihat hal ini, Elfanda juga berharap agar Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution bisa segera melakukan evaluasi terhadap kerja Satpol PP. Hal ini, menurut Elfanda, perlu untuk mensinergikan fungsi dan kerja Satpol PP dengan Visi Misi Bupati Madina dalam meningkatkan PAD.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment